Jumat, 15 Desember 2017

JANGAN LAKUKAN HAL INI DI 2018, BERBAHAYA!





Tahun baru sebentar lagi ya, cuman dalam hitungan hari lagi nih. Mungkin diantara kalian sudah menyiapkan resolusi buat 2018 nantinya, atau justru masih stuck sama resolusi 2017 yang belum tercapai? Menurut gue, menyiapkan resolusi itu penting. Karena, hidup kita selama setahun bakal punya tujuan mau ngapain aja. Menurut kalian gimana, guys?

Apapun resolusi kalian untuk tahun 2018 nanti, semoga banyak yang kesampaian ya. Aamiin….Nah, kali ini gue belum mau bahas resolusi buat tahun 2018 apa aja. Mungkin, buat kalian yang penasaran sama resolusi gue tahun depan tungguin postingan selanjutnya aja ya. Di postingan kali ini gue cuma mau bahas hal-hal apa saja sih yang harus gue hindarin di tahun 2018 nanti. Lebih tepatnya sih ya kebiasaan buruk yang harus gue hindarin di 2018 nanti apa ja sih. Nah, apa aja sih kebiasaan buruk yang harus dihindarin di 2018 ini, yuk disimak….

Jangan Menunda Pekerjaan

Jujur nih ya terkadang gue ini emang orang yang suka nunda-nunda pekerjaan. Contohnya aja artikel ini ya harusnya udah selesai tapi 2 jam lagi menuju jam 12 malam baru gue kerjain. Kemaren, gue niatnya mau ngerjain tapi ngantuk, capek, ngerjain ini itulah pokoknya. Terus, kemaren tugas review jurnal gue baru dikumpul padahal itu dikasih lebih dari sebulan yang lalu dan gue kerjain H-1 pengumpulan. Gilaaaaa, keren bangetkan? Keren banget buang-buang waktunya maksud gue, hihihi.

Entah kenapa menurut gue, menunda pekerjaan ini emang kebiasaan yang buruk banget. Karena, efeknya ya nanti ke diri gue sendiri. Contohnya, kalo gue nyelesain tugas kuliah H-1 artinya gue harus berpikir keras, ngerjainnya asal-asalan-asal selesai, tidurnya makin kurang. Pokoknya, tahun 2018 “GUE GAK BOLEH MENUNDA-NUNDA PEKERJAAN SEKECIL APAPUN”. Buat kalian yang suka nunda pekerjaan jangan dilakuin lagi ya di tahun 2018 nanti, janji?

Jangan Buang-buang waktu

Buang-buang waktu, ini mah sering juga gue lakuin. Contohnya gue mau nulis artikel ini dari jam 8. Dan…ternyata jam 10 malam gue baru mulai nulis. Apa aja yang gue lakuin sebelum itu? Chat sana sini, bolak-balik Instagram, bermalas-malasan di tempat tidur. Ini sih sering gue lakuin, niatnya mau ngerjain tugas tapi 2 jam pertama main handphone. Lalu, setelah itu baru deh ngerjain tugas. Setelah 30 menit ngerjain tugas, ngantuk? Dan akhirnya ketiduran. Seandainya ya 2 jam tadi gue main handphone bisa gue balikin buat serius ngerjain tugas kelar deh tugas gue. Tapi ya sudahlah ya namanya penyesalan emang selalu di akhir.

Gimana, apakah kalian termasuk orang-orang yang masih suka menunda pekerjaan sampai sekarang? Yuk, tahun 2018 jangan menunda pekerjaan lagi karena menunda pekerjaan sama dengan menunda sukses. Contohnya ya, menunda sukses tidur cepat misalnya ya.

Jangan Malas!


Duh nanti aja deh, duh malas ngerjainnya, besok ajadeh!


Banyak kemalasan-kemalasan yang gue lakuin di tahun 2017 ini. Menurut gue ya akar dari menunda pekerjaan dan buang-buang waktu itu malas sih. Kalo saja gak malas gak mungkin dong gue buang-buang waktu main handphone atau malah menunda ngerjainnya BESOK!  Parah bangetkan ya? Hiks.

Pokoknya buat kalian yang baca postingan ini, tahun 2018 jangan malas lagi ya. Kurang-kurangin deh berkata “aduh malas, besok aja, nanti aja”. Karena, rasa malas itu bikin rugi diri sendiri sih. Apalagi nih buat kalian yang tahun 2018 mau nyelesain skripsi ya harus rajin dong. Atau banyak yang mau dibeli buat tahun 2018 anti, ya jangan malas-malasan nabung dan cari uang, hahaha. Yuk,  tahun 2018 harus lebih rajin daripada tahun 2017 ya dan jangan sering-sering mengatakan “males ah….”.

Jangan Mengeluh Terus


Duh harinya panas banget
Duh duit gue mau abis
Duh tugas gue banyak banget

Aduh…ngeluh terus ya. Pasti kalian sering bangetkan ngeluh. Coba deh tahun depan setiap kali kalian ngeluh di note biar akhir tahun 2018 nanti bisa dihitung “kalian banyak ngeluhnya atau bersyukurnya”. Jujur ya, kita itu emang kebiasaan ngeluh dulu baru ngerjain sesuatu. Wajar sih, mungkin ngeluh itu biar sedikit demi sedikit lelahnya luntur. Gak papa sih ya kalo gak sering-sering banget ngeluhnya, kalo keseringan sih malah kelihatannya kurang bersyukur, hiks.

Yuk, di tahun 2018 nanti kurangin ngeluhnya ganti dengan rasa syukur. Karena, setiap rasa syukur yang kita rasakan bakalan berlipat ganda dan sesuatu hal yang sulit bakal jadi mudah. Di tahun 2018 STOP MENGELUH? Janji ya, hihihi.

Jangan Boros!

Nah ini, gue merasa semakin bertambah umur maka pengeluaran uang yang gue keluarkan juga makin besar. Beda banget waktu jaman gue dulu SD, SMP, SMA gue tipikal orang yang hemat banget. Bahkan, uang saku yang dikasih selalu gue tabung. Tapi sekarang, berapa aja uang dikasih selalu habis. Shopping ini itu, apalah ya. Bahkan terkadang beli sesuatu padahal gak terlalu penting tapi gue tetap membelinya. Pasti kalian juga pernahkan?

Di tahun 2018 nanti gue mau lebih hemat dari tahun 2017, kalian? Yaiyalah harus hemat dong logikanya aja nih ya gimana caranya resolusi 2018 nanti bisa terwujud kalo gak rajin nabung dan berhemat? Benar kan? Yuk, 2018 rajin nabung dan gak boros lagi biar bisa beli barang impian, muehehe.

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang gue mau tinggalin di 2017 ini. Semoga kebiasaan buruk itu berubah jadi kebiasaan baik di tahun 2018 ya, Aamiin. Di tahun 2018 yang akan datang apa aja sih kebiasaan buruk yang mau kalian hilangin? Yuk share di kolom komentar.

27 komentar:

  1. Mantap jiwa Fatimah euy. Pengen juga ngurangi keluh kesah.

    BalasHapus
  2. Tentang jangan boros, aku paling gak tahan lihat buku bagus dan kerudung cuantik. Sekarang kayaknya nambah nih mau lipstik baru. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aduhhh aku juga paling gak tahan kalo gak boros Mba :(

      Sedih banget deh kalo ingat dulu, masih bisa hemat karena belum tau indahya dunia shopping :')

      Hapus
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    BalasHapus
  4. Mantap jiwa Fatimah euy. Pengen juga ngurangi keluh kesah.

    BalasHapus
  5. Jangan malas dan jangan boros itu Bener" jadi tamparan yang besar buat aya 😂😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Aya, point malas dan boros emang harus segera dibuang :'(

      Hapus
  6. Fatimah.. Isinya jleb banget sih. Aku merasa tertampar.. Kenapa tadi mampir ke post ini hahaha..makasih sudah mengingatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo bisa saling mengingatkan Mba, hahaha.

      Hapus
  7. Eh ini mah review wajib baca sebelum bikin resolusi, wkwkwk. Pas banget aku baca buku Ust Felix Siauw "How to Master your Habits", menumbuhkan habits baik atau buruk itu ada di tangan kita, makanya jangan malas, jangan suka nunda, jangan boros, jangan suka ngeluh *miror talk ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Sebelum bikn resolusi mah harus ngilangin sikap-sikap buruk diatas ya hehehe.

      Hapus
  8. Duhh fetychann hatikuu tergugahh binggo wkwk. Jngn cepat mengeluh. Siapp buu jangan buang2 waktu kita banget wkwk

    so, jadi orang yang lebih baik dan selalu intropeksi diri untuk kita semua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu, intropeksi diri itu mah hal yang penting ya...

      Hapus
  9. Kereeen emang kalau semuanya diatas itu racun banget ya buat pending segala bentuk resolusi. Jadi musti dibuang jauh jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, mesti dibuang jauh-jauh, Jangan sampai sikap buruk diatas malah menghalangi resolusi yang bakal kita buat.

      Hapus
  10. "jangan mengeluh terus" jlebbb.... Kebiasaan burukku juga nih nunda-nunda dan suka malas. Aku jadi makin termotivasi nih, aku juga gak mau kalah dari Fatimah 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya termotivasi Mba, semoga menjadi lebih baik lagi...

      Hapus
  11. Ah, aku tuh yang sering banhet nunda-nunda sesuatu, tahun depan kayaknya harus ada planning gitu mau ngapain aja. Semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ka Rima harus ada planning buat tahun depan. Semangat!

      Hapus
  12. Wah ini pr juga buat aku buat tahun depan. Masih sering nunda pekerjaan, masih sering malas dan yang lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, PR banget ya buat kita semua Mba hihihi.

      Hapus
  13. kok aku kena semua ya? wkwkwk... baiklah mari kita menghimpun semangat bersama-sama...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, tamparan keras ya Mba? Sip, marilah kita mengjimpun semangat baru lagi.

      Hapus
  14. hai Fatimah...
    aku juga ngerasain hal yang sama denganmu
    juga pengen memantangin hal yang sama denganmu di tahun 2018

    sebenarnya, akar dari bermalas-malasan itu adalah sholat.
    aku ngerasain sendiri sih, kalo aku menunda sholat, maka aku akan menunda pekerjaan lain. secara otomatis, aktivitas2 yang udah kutata, kuatur sedemikian rupa, tiba2 rusak gitu aja, karena dampak dari menunda sholat.
    aku ngerasain banget hal itu
    lalu ketika aku perbaiki sholatku, semua pekerjaan dan schedule ku tertata rapi kembali, secara otomatis.

    perihal ini, udah jelas banget ya di surat al-asr. aku mesti inget surat itu, bahwa sungguh sia-sia orang yang menunda-nunda pekerjaan.

    eh ya, aku nulis ini di sini nggak ada maksud untuk menggurui kok,
    memang hal itulah yang murni terbersit di pikiranku saat membaca tulisanmu, hehe

    semoga pada 2018 dan seterusnya, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku juga pernah mba dengar cerita orang seperti itu.

      Wah, Alhamdulillah terima kasih Mba sudah mengingatkan. Semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya. Aamiin

      Hapus
  15. Setuju, termasuk jangan malas untuk ngeblog. Teruslah berbagi dan menginspirasi lewat tulisan ya, Teh.
    Btw, salam kenal ya..

    BalasHapus
  16. Siap, mudahan di tahun 2018 ini aku terhindar dari 5 sifat yang diatas.

    BalasHapus