Senin, 01 Januari 2018

RESOLUSI 2018 : KONSISTENSI ITU PENTING!




Hallo, udah mau tahun baru aja nih ya. Saatnya membuat resolusi, entah mengatur ulang resolusi yang tahun sebelumnya tidak tercapai atau menambahkan lagi resolusi yang baru ditahun ini. Menurut gue nih ya, apapun itu resolusi yang kalian mau wujudkan ya hal yang paling penting itu “Konsistensi”. Mengapa? Karena tanpa adanya konsistensi dari diri kalian masing-masing itu gak bakalan bisa mencapai hal-hal yang kalian inginkan. Makanya, tahun ini tema resolusi yang gue buat “Konsistensi itu penting”. Kita lihat saja ya selama 365 hari kedepan, apakah gue bisa konsistensi melakukan hal-hal yang telah gue sepakati hari ini. Doain aja ya. hihihi


Dibalik konsistensi yang pengen gue terapkan tentunya gue punya dong segudang resolusi yang pengen gue wujudkan. Kalian penasaran gak apa saja resolusi yang pengen gue wujudkan di 365 hari kedepan.

2018, menuju impian masa depan

Source : Google
Kenapa gue menamainya impian masa depan? Tahun ini gue menargetkan untuk mendapatkan gelar Sarjana Teknik. Yup, semoga saja dimudahkan jalannya, Aamin Ya Allah. Dan banyak hal yang gak bisa gue sebutin, menurut gue ya semakin bertambah umur artinya masa depan itu udah ada di depan mata. Gue harus lebih pintar merangkai apa yang gue mau capai untuk tahun-tahun berikutnya karena gue sadar "gue bukan lagi anak-anak yang hidupnya banyak bermain". Bukan berarti gue terlalu serius ya, tetapi maksudnya gue harus lebih mengurangi main-main dalam memutuskan sesuatu. Karena, sedikit saja salah langkah iu bakal jadi boomerang buat diri kita sendiri.

2018, saatnya kembali pada hobbi

Source : Google
Di dua tahun terakhir gue sibuk sama kampus, tidak lain sebagai kura-kura (kuliah-rapat kuliah-rapat). Nah, tahun ini gue mau melakukan hobi, menekuni apa yang gue senangi. Gue harus kembali dengan hobi yang pernah gue tinggalin karena terlena dengan sibuknya organisasi kampus serta berbagai macam tugas kuliah. Oke, apa saja hobi gue? 

Tidak lain dan tidak bukan, ya hobi gue menulis. Insya Allah tahun ini gue mau lebih rajin menulis. Baik itu menulis di blog ini ataupun menulis diblog baru gue. FYI, gue sekarang punya blog 2 ya. Kenapa? Karena, tujuan gue mau bedain nichenya. Yang fatimahaqila.com ini lebih ke lifestyle buat nampung curhatan-curhatan gue yang kadang menyedihkan tapi Insya Allah ada manfaatnya. Dan blog gue yang kedua itu Binian Banjar rencananya lebih ke fashion, traveling, dan makan-makan. Sebenarnya gue masih bingung nentuin kemana arah niche blog gue yang (binian banjar) ini. . So, buat kalian yang punya masukkan minta tolong komen di komentar ya, hihihi.  Oh iya, blognya masih berantakan ya, belum dirapihin.

Terus, hobi gue selanjutnya ya baru-baru aja sih ini “menjadi seorang vlogger”. Ini udah lama banget sih niatnya, tapi kemaren-kemaren terkendala gak pedelah salah satunya, tapi Alhamdulillah sekarang sudah terwujud. Nah nama youtubenya itu : AluhBanjar. So, buat kalian jangan lupa di subscribe, komen, dan kasih like yaaaa. Nantinya si vlog itu ya seputar jalan-jalan dan makan-makan. Buat kalian yang juga punya ide aku ngevlog apa, komen dikomentar aja ya. Oh, iya Aluh itu sebutan untuk anak perempuan, jadi Aluh itu Bahasa  Banjar gaes. Sengaja sih dinamain biar mudah diinget aja, hihi. Kenapa namanya Aluh Banjar? Karena, gue ngevlognya sama temen gue cewek. Jadi tercetuslah nama Aluh Banjar itu sendiri.

Apalagi nih hobi gue?  Hasta Karya atau biasa disebut kerajinan tangan. Gue mau kembali sama hobi yang pernah gue tekuni waktu SMP dulu. Yup, gue paling suka bikin sesuatu yang berhubungan dengan hastakarya. Salah satunya, gue pernah buat gantungan kunci dari flannel, bros cantik, dan macam-macamnya. Menurut gue sih, menekuni hobi itu sesuatu hal yang menyenangkan.

2018, belajar banyak hal baru

Source : Google
Tahun ini, gue mau lebih belajar banyak hal apapun itu. Karena, gue gak mau jad orang yang merugi. Artinya, gue harus belajar sesuatu hal yang baru. Dari yang kemaren gue gak bisa, tahun 2018 gue harus bisa. Jika tahun kemaren gue gak tau, tahun ini gue harus tau. Jangan sampai kita itu jadi orang yang selalu membatasi diri dengan apapun, lebih baik selalu membuka diri untuk banyak hal. Menurut gue, mengetahui banyak hal baru itu gak pernah ada ruginya.

Apa saja sih yang pengen gue pelajarin tahun ini? Dulu, tahun sebelumnya gue selalu disibukkan dengan kuliah-organisasi-rapat. Cuma itu, nah tahun ini gue sengaja untuk tidak lagi bergelut di organisasi kampus. Gue pikir “gue gak bisa stuck disana terus, ini udah saatnya gue mengembangkan dan mengekplore diri gue”. Makanya gue punya target tahun ini untuk terjun ke organisasi diluar kampus semisal seperti komunitas gitulah. Gue pengen pengalaman yang gue dapat sebelumnya bisa gue terapkan untuk masyarakat sekitar.

Selain bergabung dengan komunitas diluar sana, gue juga senang menjadi bagian dari event-event yang terselenggara sebut saja kepanitiaan gitulah atau biasa disebut Event Organizer(EO). Loh sama ajakan seperti di kampus? Memang sama, tapi menurut gue inilah saatnya gue menerapkan apa yang gue dapat dari organisasi kampus. Entah kenapa meskipun gue sudah tidak bergabung dengan organisasi kampus gue tetap pengen jadi orang yang sibuk seperti kemaren. Ya, mungkin karena faktor gue tipe orang yang suka menyibukkan diri gitulah ya, hihihi. Gue berharap tahun ini gue bisa ikut andil dalam beberapa event besar karena kalo gue cuman berdiam diri aja, artinya gue gagal dong mau menerapkan pengalaman yang gue dapat.

Selain dari yang gue sebutin diatas, sebenarnya tahun ini gue pengen banget belajar menjahit. Siapa sangka? Gue udah lama banget pengen belajar menjahit karena gue juga pengen jadi seorang designer. Bahkan gue pernah bercita-cita untuk S2 di luar negeri dengan program studi tata busana. Tapi, menurut gue gak usahlah, mending gue belajar menjahit aja disini. Seandainya nanti gue jadi designer, pastinya gak jauh-jauh dari bidang teknik lingkungan sih ya gue malah berpikirnya “gimana caranya nanti limbah kain dari pakaian-pakaian yang gue buat gak terbuang sia-sia pokoknya harus bermanfaat lagi jangan sampai jadi limbah”. 

2018, be better than before…..

Source : Google
2018, menurut gue ya harus lebih baik daripada tahun 2017. Bayangin nih jika tahun kemaren resolusi untuk 2017 Cuma 50% yang bisa kalian capai. Maka, target aja dulu tahun 2018 ini harus lebih baik artinya persentase yang harus dicapai minimal 80% kan? Nah, masa sih kalian mau jadi manusia yang biasa banget, yang dari tahun ketahun gak ada perubahan sama sekali? Rugi bangetkan? Yuk, niatin mulai sekarang kita harus lebih baik dari hari kemaren.


Nah, itulah beberapa garis besar resolusi yang pengen gue capai Pastikan kalian sudah menyusun resolusi tahun 2018 ini dengan sedetail mungkin. Bahkan tahun ini gue pengen mencatat semua hal yang terjadi sehari-harinya. Contohnya aja misal nih ya, pencapaian apa yang telah gue lakuin hari ini, gue harus bersyukur hari ini karena blablabla. Apapun itu, ya gue mensiasati agar gue tetap konsisten ya dengan cara ini. Mungkin beda tipis lah ya kek buku harian. Cuman, bedanya kalau buku harian yang biasanya itu ceritanya panjang x lebar ya. Nah, untuk yang aku rencanain ini sih cuman beberapa hal penting aja. Biar nanti, saat 365 hari gue bisa ingat ternyata kejadian yang terjadi 2018 seperti ini. Pokoknya papaun resolusi kalian, kuncinya KONSISTEN ya gaes!

Catatan untuk 365 hari :D



8 komentar:

  1. Waww, semangat terus yaahh hhi oh iya btw aluh banjar ituuu gue kenal deh sama org didlmnya haha

    BalasHapus
  2. Resolusinya keren, Fatimah. Semoga tercapai semuanya ya.

    Untuk niche blog Binian Banjar, menurutku travel dan makan2 itu disatuin aja, soalnya kalo traveling pasti ada acara nyobain kuliner setempat. Sedangkan untuk fashion-nya.... bikin blog baru lagi aja #eaaaaa hahaha 😆😆😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, makasih ya sarannya. Hihihi

      Hapus
  3. Betul.. Resolusi emang butuh banget konsistensi.. Mm, kalo menurut aku blog satunya kalau memang lbh suka kuliner n travel satuin aja.. Untuk fashion masukin di lifestyle aja krn sejalan menurutku.. He

    www.shezahome.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy, mba emang harus konsisten ya kalo bikin resolusi. Hahaha

      Makasih Mba sarannya, iya travel sama foodnya aku satuin aja.

      Hapus
  4. Semangat ya buat resolusinya, fatimah. Btw aku dulu juga sempat kursus jahit sampai bisa bikin 1 baju kemeja. Sayangnya karena nggak ada mesin jahit udah lupa lagi caranya. Heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh, sayang banget Mba gak diterusin lumayan kalo bisa bikin baju sendiri. Hihihi

      Hapus