Sabtu, 14 April 2018

LAKUKAN HAL KECIL INI UNTUK LEBIH MENCINTAI BUMI, MANFAATNYA BESAR LOH!

Hallo, tidak terasa sebentar lagi kita akan memperingati hari Bumi. Sejak gue kuliah di Teknik Lingkungan sangat familiar sekali sama peringatan-peringatan yang berhubungan sama lingkungan. Hari bumilah, hari air, hari appun itu pokoknya yang berhubungan sama lingkungan ini. Sebelumnya mungkin tidak banyak orang yang peduli atau pun tau tentang hari bumi ini. Oke, gue bakal ngasih tau sedikit tentang hari bumi dulu, sebelum gue lanjut cerita ke lain hal. Hahaha



Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi diperingati untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup (sumber : wikipedia).
Nah, udah pada taukan hari peringatan bumi itu ada kenapa??? "Untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap Bumi". Kira-kira kita sebagai makhluk hidup ini sudahkah mengapresiasi bumi tempat yang kita tinggali ini? atau justru bingung cara mengapresiasinya? Sebenanrnya sih mudah banget loh cara mengapresiasi bumi ini. Mudah banget, gak susah kek mengapresiasi pacar yang kudu dibeliin macem macem dulu. Hahaha

Cara kita mencintai Bumi ini sebenarnya mudah banget, tapi terkadang banyak orang yang justru enggan melakukan hal kecil ini. Kira-kira apa saja ya hal kecil yang bisa kita lakukan:

Cintai Bumi Dengan Cara Hemat Air


Kalian pasti pernah merasakan kalau kehabisan air atau justru air PDAM di rumah kalian mati, atau air sumur di rumah kalian surut dan gak bisa disedot buat digunakan. Menurut gue, air ini adalah suatu hal yang sangat penting karena saat kita bangun tidur aja udah menggunakan air, mau mandi contohnya. Kebayang gak sih kalau suatu saat  krisis air? Gue belum bisa ngebayangin ini, menurut gue ini ngeri banget, sumpah kelihatannya lebay tapi emang kenyataannya kita gak bisa hidup tanpa air. Gue aja kalau air PDAM mati, bakalan runyam dah urusan di rumah jadi gak kelar apalagi kalau persediaan air emang habis, duh sumpah deh rasanya sedih banget.


Nah, selagi persediaan air masih banyak yuk mari kita hemat air, misal mematikan kran air yang sudah penuh. Gunakan air secukupnya aja, jangan sampai deh mau mandi aja pemborosan air. Sangat simpelkan?

Cintai Bumi Dengan Cara Hemat Listrik
source : disini

Selain hemat air, kita juga harus hemat listrik guys! Kalau udah mati air sama mati listrik menurut gue udah hal yang genting banget, lihat aja deh kalau air mati dan listrik juga mati ada berapa banyak orang yang tingkat emosinya meningkat. Nah, bisa kita lihatkan artinya air dan listrik ini merupakan hal yang penting banget. Kebayang gak kalau suatu saat energi listrik gak bisa kita gunakan lagi, bisa-bisa kita balik ke zaman dimana gak ada listrik sama sekali. Gak bisa charger laptop, gak bisa charger handphone, gak bisa lagi deh nulis di blog ini. Gimana mau nulis orang listrik udah gak ada lagi, mana bisa menyalakan laptop atau handphone. Jauh banget ya khayalan gue :(, tapi sumpah deh gue takut banget kalau suatu saat ini beneran terjadi.

Terlepas dari musnahnya energi listrik, ternyata pemborosan energi listrik yang kita gunakan itu bisa mengakibatkan kerusakan bumi loh. Hal simpelkan? Kalian boros listrik, terus yang bayar tagihan kalian juga, yang kena dampaknya ternyata si Bumi ini dan lama-kelamaan tentunya kita-kita yang ada di bumi ini pun pasti terkena dampaknya. Gimana? masih mau pemborosan listrik? Yuk, mulai sekarang hemat listrk dengan cara yang simpel seperti : mematikan lampu ketika di siang hari atau ketika tidak digunakan dan melepas charger laptop/handphone yang sudah penuh.

Cintai Bumi dengan Cara Mengurangi Penggunaan Sampah


Sampah, kayaknya kita hidup sehari-hari gak pernah lepas sama yang namanya sampah. Selalu ada saja sampah yang kita hasilkan. Right? Memang sih kalau kita cuma melihat sampah yang kita hasilkan sendiri mungkin kelihatannya sedikit, tapi pernahkah kalian mengalikannya dengan jutaan penduduk yang ada di Bumi ini. Gak kebayang, sangat banyak bisa-bisa jadi wahana mandi sampah juga bisa bikin kalian kelelep deh. Menurut Netral News "Di Indonesia sendiri, jumlah sampah padat yang diproduksi secara nasional mencapai 151.921 ton per hari". Dan bahkan menurut tirto.id "Indonesia dinobatkan sebagai salah satu negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia setelah Cina". Urutan kedua???? Juara kelas sih masih senang kalo urutan kedua, lah ini??? Urutan kedua negara penyumbang sampah plastik terbesar. Yakin gak mau mengurangi penggunaan sampah?

Ngeri banget ketika melihat fakta yang ada? Kalau kita cuman melihat sekeliling mungkin bakalan berpikir "Lah, sampah gue juga gak banyak". Gunakan ilmu matematika kalian deh, pakai hitungan kali pastinya bakal bikin mindset kalian gak gitu lagi. Okedeh, kalau bahas berapa banyaknya sampah yang kita hasilkan emang gak ada habisnya guys. Cape juga kalau bahas sampah terus tapi ujung-ujungnya gak ada yang sadar sama hal yang satu ini. Jadi, gue bakalan ngasih tau kalian gimana caranya mengurangi penggunaan sampah.

Pertama, selalu bawa tas belanja sendiri ketika berbelanja ke pasar atau swalayan. Kedua, selalu bawa tumbler atau botol minuman, biar gak beli air mineral kemasan. Ketiga, hindari packaging produk yang banyak menghasilkan sampah. Contoh nih ya, ketika kalian beli detergen 1 lusin dan detergen yang isi 1kg usahakan pilih yang 1 kg. Ada yang tau alasannya kenapa??? Yup, karena kalo kita beli yang 1 lusin bakal 12 bungkus plastik yang kita hasilkan. Tapi, jika kita memilih yang packaging 1 kg cuma menghasilkan 1 sampah plastik. Too simple? Yuk mulai lakukan hal kecil ini dari sekarang sebelum kita dipenuhi oleh lautan sampah. 
Source : disini

Mencintai Bumi Dengan Cara "Buang Sampah Pada Tempatnya"

source : disini

Gue bosan sama peringatan ini, sumpah bosan banget. Peringatan ini selalu ada tapi entah kenapa seakan-akan seperti huruf yang gak bisa dibaca oleh sebagian orang yang "masih suka membuang sampah sembarangan". Jawabannya mungkin emang benar gak bisa baca atau emang susah memahami atau gak tau caranya buang sampah pada tempatnya. Sini gue ajarin deh, hahaha. Gue sering banget dibecandain, atau entahlah ya kalau negur teman yang buang sampah sembarangan. And u know what their answer? "Lu kan anak teknik lingkungan artinya tugas lu dong". Lah? Kesel banget deh gue emang gue kuliah 4 tahun gelar S1 cuman buat mungutin sampah yang kalian buang sembarangan. 

Harusnya kalian dong yang mikir udah punya pendidikan yang tinggi masa sih cuma buat buang sampah aja masih sembarangan, malu dong. Gue klarifikasi nih ya tugas buang sampah pada tempatnya itu bukan tugas si petugas kebersihan atau justru gue si anak teknik lingkungan ini, tapi itu tugas kita semua. Udah gue bold biar pada ngerti, hahaha.

Biasanya gue paling kesel banget kalau liat orang yang buang sampah bungkus permen secara sembarangan dan orang yang buang sampah sembarangan kalau lagi di jalan. Entah kenapa gue miris banget liatnya, terkadang gue suka nanya sendiri kenapa sih susah banget ya buat buang sampah pada tempatnya. Kenapa harus dibuang seenaknya gitu, coba deh taroh dulu di tas atau kantong nanti kalau udah ketemu sama tempat sampah buang deh. Simpel banget ini mah, tapi emang sesuatu hal yang simpel kalau tidak jadi kebiasaan bakalan jadi susah banget. Ya contohnya ini, buang sampah pada tempatnya. 

Gimana? Yuk mulai sekarang kita hemat air, hemat listrik, kurangi penggunaan sampah, dan jangan lupa buang sampah pada tempatnya. Karena, kalau tidak kesadaran diri kita masing-masing siapa lagi hayooo? Entar kalau udah bencana alam dan bumi sudah mulai lelah melihat perilaku kalian yang mulai tidak peduli lagi dengan bumi baru tau rasa loh. Yuk, mulai sekarang cintai bumi ini dengan melakukan hal-hal kecil tetapi punya manfaat besar.

SELAMAT HARI BUMI, 22 APRIL 2018



"Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Collaboration Female Blogger Of Banjarmasin "

6 komentar:

  1. Semuanya penting banget dilakuin. Kebanyakan dari kita mungkin nggak sadar. Padahal hal2 kecil itu bisa menjaga bumi dari kerusakan besar.

    BalasHapus
  2. Bener, hal kecil begini udah menunjukan betapa pedulinya kita sama bumi. Tmsk hemat air. Kadang byk yg ga nyadar kok hemat air jg dibilang wujud cinta bumi. Hihi.

    BalasHapus
  3. Wah Bener Ka, hal sepele seperti ini sering kali terlupakan, malahan di anggap biasa aja😂.

    BalasHapus
  4. Selamat Hari Bumi jugaaa 😄
    Komplit dah langkah2 yang bisa dilakukan buat menjaga bumi di artikel ini. Generasi muda lainnya harus baca biar mereka semua juga betperan serta dalam menjaga bumi.

    BalasHapus
  5. Selamat Hari Bumi jugaaa 😄
    Komplit dah langkah2 yang bisa dilakukan buat menjaga bumi di artikel ini. Generasi muda lainnya harus baca biar mereka semua juga betperan serta dalam menjaga bumi.

    BalasHapus
  6. Iya ya Fatimah, kesel banget liat orang yang buang sampah sembarangan, padahal udah tuwir.

    Tapi sekesalnya sama org buang sampah di jalanan, aku lebih gemes lagi sama yang buang sampah ke sungai atau selokan. Apalagi kalau giliran kena banjir malah nyalahin pemerintah.

    Mungkin harus diberi edukasi apa gimana ya. So far, paling suka kalau lihat sistem di Surabaya sih, ketahuan buang sampah sembarangan langsung kena denda di tempat. Jadi kotanya lumayan bersih :D

    BalasHapus