Jumat, 18 Mei 2018

5 KELAKUAN PADA SAAT TARAWIH SAAT MASIH KEKANAK-KANAKAN, JANGAN DITIRU!




Assalamualaikum, Alhamdulillah sekarang memasuki hari ke-3 di bulan Ramadhan semoga hari ini puasanya kuat ya. Gimana? Masih semangatkan beribadahnya? Masih kuatkan untuk 27 hari ke depan, cielah baru hari ke-3 masa sudah lemas. Semangat dong ya, hihi,


Nah, kali ini gue mau cerita flashback tentang masa-masa Ramadhan sewaktu masih anak-anak (sewaktu masih SD). Iya, kemaren gue tiba-tiba kangen aja sama masa-masa Ramadhan sewaktu masih jadi anak-anak. Cielah sekarang udah tua ya, udah angka 20, eits tapi muka gue masih bisa disangka anak-anak *kepedean*.


Nah, kali ini gue bakal flashback tentang kelakuan sewaktu tarawih saat masih anak-anak tepatnya pada saat masih sekolah dasar. Yuk, kita intip apa saja ya kenakalan yang pernah gue lakukan.

 Ikut Sholat Tarawih Gak Pernah Full


Nah, hayo pasti diantara kalian sewaktu masih esde kalau ke masjid niatnya ikut shalat tarawih padahal shalatnya gak pernah full diikutin. Malah seru-seruan bareng teman, atau bergosip ria. Dan biasanya sholatnya malah pakai jeda, rakaat pertama dan kedua diikutin setelah rakaat ketiga dan keempat stop entah berbaring di tempat sholat itu atau ngobrol ria sama teman. Gitu aja seterusnya, sampai rakaat berakhir.


Sekarang gue malah sadar, wah kalau sekarang dipraktekkin malu sama umur ya. Dulu-dulu kenapa gak pernah punya malu sih, wajar ya mungkin karena masih anak-anak belum dewasa. Hahaha, apa cuman di generasi gue aja yang senakal ini? Atau kalian juga pernah mengalaminya?

Saat Sholat Tarawih Malah Jalan-Jalan


Ini salah satu kenakalan yang pernah gue lakukan juga nih saat masih esde. Dulu tuh waktu esde rumah gue itu perumahan ya, jadi waktu itu kalau sholat tarawih biasanya gue jalan-jalan komplek dekat perumahan gitu. Dan lebih nakalnya lagi, malah berantem sama anak cowo. Ya ampun kalau inget ini nih bikin ketawa sendiri.


Jadi dulu tuh pas rumah gue di perumahan, gue punya gengs ada cowo dan cewe tapi yang lebih absurdnya tuh terkadang sama si cowo itu berantem gak jelas terkadang juga temenan. Aneh banget ya? Berantemnya itu ya karena bully-bully gak jelas juga sih. Atau biasanya berantem sama anak komplek sebelah. Ya Ampun nakal banget ya gue dulu, tapi sekarang udah insyaf kok ingat umur. Hahaha

 Sholat Tarawih Sambil Makan


Kalau jalan-jalan otomatis belanja dong ya, biasanya tuh belanjaan favorit pas bulan Ramadhan tau aja kan apa? JAGUNG BAKAR. Yep, jagung bakar. Biasanya kalau jalan-jalan gak lupa beli jagung bakar, nah nanti di masjid sambil makan tuh jagung bakar. Atau biasanya bawa mie indomie. Dan di makan pada saat jeda-jeda sholat tarawih.


Gue juga pernah kayak gini, pas sholat tuh nah pas mau sujud eh malah ngambil tuh mie kering di makan. Bikin gue geleng-geleng kepala aja nih kalau inget ini. Eits, tapi gak cuman gue kok yang kayak gini teman-teman gue juga gitu. Kayaknya gue salah pergaulan ya waktu itu *eh*

Sholat Tarawih Malah Jahilin Teman


Nah ini pasti di antara kalian pernah melakukan ini kan? Kira-kira kejahilan apa saja ya yang biasa dilakukan. Biasanya tuh ada teman yang sholat, terus kitanya gak sholat lalu dijahilin sampai dia gak bisa nahan ketawa. Atau yang lebih parahnya tuh mukena teman yang lagi sholat ditarik sampai lepas. Wah, ini sih jahil banget ya.

Hayooo, kalian pernah gak sih melakukan kejahilan ini? Kejahilan apalagi ya kira-kira? Udah sedikit lupa, tapi yang paling sering sih yang gue sebutin tadi. Hahaha

 Sering di Marahin Ibu-Ibu di Masjid


Biasanya kalau di masjid tuh pasti ada ibu-ibu yang suka peduli banget sama anak-anak yang ada disana. Pasti ada kan ibu-ibu yang sering negur anak-anak yang ribut di masjid atau bahkan negur anak-anak yang sering keluyuran waktu sholat.

Gue dan teman-teman juga pernah loh jadi bulan-bulanan ibu-ibu gini. Untuk menghindari dimarahi ibu-ibu yang ada di masjid biasanya tuh kalau mau keluyuran pas orang-orang pada mulai sholat dan datang dari keluyurannya pas orang mau akhir-akhir sholat, cepat-cepat dah tuh pasang mukena. Dulu tuh ya kesal banget pas dimarahin ibu-ibu masjid ini, tapi sekarang gue sadar yang gue lakuin dulu tuh emang gak baik.

Gimana? Nakal banget ya dulu gue pas masih anak-anak. Terkadang kalau di inget-inget bikin senyum sendiri dan mikir “kok bisa sih gue ngelakuin hal-hal konyol gitu dulu”. Tapi, mau gimana pun ya wajarlah waktu itu masih anak-anak masih banyak main-mainnya. Sekarang? Boro-boro buat main malu sama umur, hihi. Apalagi sekarang kalau tarawih gak rame-rame rame lagi sama teman, sendiri aja sisi kanan dan sisi kiri juga adanya ibu-ibu.

Apakah kalian pernah senakal gue dulu? Atau ada kenakalan lainnya yang pernah kalian lakuin. Share disini dong, dikolom komentar ya. Oh iya, ambil yang baiknya aja ya, buat kalian yang masih anak-anak kalau baca ini jangan ditiru ini gak baik. Hihihi

9 komentar:

  1. Hahaha... Ini true bangettt. Aku dulu sering datang kecepetan ke mesjid karena bareng temen yg disiplin, jadi dapat shaf depan terus. Ya namanya juga shaf depan kan ya, dominasi ibuk2 jadi gabisa nakal deh wakaka. Dan kalau kebetulan kalau terlambat dapat shaf di belakang pun lebih sering diusili daripada mengusili XD

    BalasHapus
  2. jadi inget masa kecil, hehe

    BalasHapus
  3. Jadi ingat pas SD tujuan tarawih buat jajan hihi sama Ngisi angket bulan ramadhan aduh jaman kapan yaaa...

    BalasHapus
  4. Saat (berangkat) tarawih sambil ikutan main petasan :D Saat tarawih malah memperhatikan kaka2 cewe yang parasnya adem untuk ditiru gayanya :D ya ampun, aku dulu begini

    BalasHapus
  5. Ka ini aya banget wkwkwk, untung ada emak yang melindungi hahaha, tapi Emang seru sih, pas sujud nyomot mie 🤣

    BalasHapus
  6. Aduh, asik banget ya masa muda kamuu.. Aku ngiri! Dulu ya jujur aja aku ga pernah sholat taraweh diluar. Dimarahin mama. Krn lingkungan sana kan kampung gt. Jd aku cm sholat berjamaah di rumah aja. Lbh khusyu sih tp baca ini kok jd pengen balik muda. Haha.. Makanya pas udah emak2 malah taraweh diluar. Tp y ga bisa haha hihi. Serius, diperhatikan anak sambil ketawa2 tetap serius. Hahahaha

    BalasHapus
  7. Aku kalo nya jalan-jalan sih pernah,cuman kalau nya di marahin ibu-ibu gak pernah sih.hihi

    BalasHapus
  8. Hahahaha aku tim yg bawa makanan. wakakakaaka jadi sebelum tawarih, sorenya ke minimarket bawa uang 5rebo buat jajan dan duit 5rebo itu banyak banget pada jamannya, bisa beli coklat, minuman dan cemilan lainnya. Nah, dibawa lah pas taraweh, jadi pas kelar 2 rakaat makan, gt aja trs sampe pulang. hahahaa

    BalasHapus
  9. Jadi inget masa kecil. Ngakak sendiri :v

    BalasHapus