Kamis, 31 Mei 2018

TIPS MEMILIH MAKANAN SAHUR SAAT BERPUASA AGAR TAHAN LAPAR

[Enter Post Title Here]


Halooooo, sebentar lagi mau lebaran nih? Udah berapa tuh puasanya yang bolong? Kira-kira kenapa ya? Lemas? Gak makan saat sahur? Atau salah makan ketika saat sahur? Nah, ternyata makanan yang kita makan saat sahur itu berpengaruh loh. Iya, berpengaruh banget sama kondisi perut ketika puasa seharian nanti. 


Memilih makanan yang tepat saat sahur itu emang penting banget ternyata. Saat sahur lebih baik memilih menu yang bergizi seimbang agar tubuh tidak mudah lapar, haus, dan lemas. Makanan yang dianjurkan saat sahur itu adalah kaya protein, kaya cairan, dan mengandung lemak baik. Kira-kira hindari makanan atau minuman apa saja ya biar puasanya semangat. Yuk disimak!

 Makanan Pedas

Siapa diantara kalian yang suka banget makanan pedas? Gue termasuk orang yang paling suka makanan pedas. Karena, menurut gue kalau gak makan pedas itu nikmat makan gue berkurang *eaaaa* Nah, ternyata saat sahur itu ada baiknya mengurangi makanan pedas. Kenapa?

Biasanya saat kita makan-makanan pedas itu bakalan menyebabkan kehausan karena kita ingin menghilangkan rasa pedas tersebut. Nah, kebayang gak sih kalau masih aja terasa pedas dan akhirnya menyebabkan kita haus. Selain itu, makanan pedas juga menyebabkan asam lambung meningkat. Wah, ini sih kalau punya riwayat penyakit maag emang harus menghindari makanan saat sahur. Yuk, mulai sekarang hindari makanan pedas seperti rica-rica ataupun yang suka makan ayam geprek biar puasanya kuat.


Makanan Berminyak

Goreng Ikan pakai minyak, tumis sayur pakai minyak. Emang gak bisa dipungkiri makanan sehari-hari kita itu lebih banyak mengandung minyak ya ternyata.  Nah, selain makanan pedas makanan yang berminyak juga harus dihindari guys!

Karena, makanan berminyak itu biasanya menyebabkan diare atau gangguan pencernaan lainnya. Selain itu makanan yang mengandung minyak tinggi bisa memperlambat pencernaan makanan yang ada di perut kita. Ada baiknya makanan yang berminyak saat sahur itu dikurangin dan mencari aternatif lain.

Makanan Terlalu Manis


Hayo, siapa yang suka makanan manis? Meskipun ada beberapa orang beranggapan kalau makan-makanan manis saat sahur itu bisa menambah energi ketika berpuasa. Benar sih, tapi jangan sampai kebanyakan makan-makanan yang manisnya. Karena, berlebihan dalam mengkonsumsi makanan manis bisa membuat haus loh!

Makanan manis apa saja sih? Nasi yang biasa kita konsumsi itu ternyata mengandung glukosa yang cukup tinggi loh. Nah gimana dong? Caranya porsi nasi yang dimakan saat sahur dikurangin jangan terlalu banyak atau diganti dengan alternatif lain seperti nasi merah misalnya. Bisa juga dengan memperbanyak lauk dibandingkan nasi.

Makanan Bersantan



Siapa yang gak doyan rendang, opor, gulai atau sejenisnya yang pakai santan. Wah itu bisa bikin nambah nafsu makan saat sahur loh. Tetapi, mengkonsumsi makanan bersantan juga perlu dihindari saat sahur loh.

Makanan bersantan ini sih beda tipis ya sama makanan yang mengandung lemak tinggi, karena santan juga mengandung lemak. Selain makanan pedas, makanan bersantan juga berpotensi loh menaikkan asam lambung. Selain itu, makanan bersantan juga mengandug kalori yang tinggi sehingga membuat puasa kalian jadi haus dan cepat Lelah.

Minuman Gula/Kafein

Selain makanan, minuman ketika sahur pun harus yang bisa bikin kalian gak dehidrasi puasa dong. Nah, kalian kalau minum saat sahur itu tim mana? Tim the hangat? Tim kopi? Atau tim air putih. Ternyata minuman seperti the ataupun kopi bisa bikin kita cepat haus loh. Karena, saat kita mengkonsumsinya kebutuhan untuk buang air kecil itu semakin meningkat  sehingga menyebabkan air dalam tubuh kita berkurang dan akhirnya kehausan.

Lebih baik ketika sahur itu minum air putih saja, terserah mau air putih hangat ataupun dingin. Karena dengan minum banyak air putih akan sangat membantu kita saat berpuasa, jadi tidak merasa dehidrasi saat berpuasa.

Gimana? Udah pada taukan makanan ataupun minuman yang harus dihindari saat sahur. Namun, jika belum bisa menghindari bisa juga sih untuk mengurangi setidaknya tidak berlebihankan? Karena, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Semangat berpuasanya!





0 komentar:

Posting Komentar